Visi Kecamatan Lumbanjulu

Visi adalah rumusan umum mengenai keadaan yang diinginkan pada akhir periode perencanaan, yang mencerminkan harapan yang ingin dicapai dilandasi oleh kondisi dan potensi serta prediksi tantangan dan peluang pada masa yang akan datang. Berdasarkan makna tersebut dan sesuai dengan RPJMD Kabupaten Toba Samosir 2016 – 2021 yang memuat visi TOBA SAMOSIR HEBAT 2021, maka visi Kecamatan Lumbanjulu adalah :

MENJADI KECAMATAN YANG BERKUALITAS DAN BERKEADILAN DALAM PELAYANAN KEMASYARAKATAN, PEMERINTAHAN DAN PEMBANGUNAN

 

Makna tersebut, dapat diuraikan sebagai berikut:

  1. Berkualitas adalah dimaksud menjadikan Kecamatan sebagai instusi pelayanan yang strategis dan produktif sebagai kedudukan, peran dan fungsi Kecamatan sebagai instusi yang melaksanakan proses pelayanan Kecamatan yang berkwalitas.
  2. Berkeadilan adalah maksudnya melayani masyarakat dengan perlakuan yang sama dan tidak diskriminatif terhadap masyarakat
  3. Kemasyarakatan adalah dimaksud terciptanya kondisi sosial, ekonomi, Agama kearah yang lebih baik
  4. Pemerintahan adalah dimaksud mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat di Kecamatan Lumbanjulu menurut Peraturan dan Perundang-undangan.
  5. Pembangunan adalah dimaksud pemberdayaan masyarakat suatu upaya untuk memperdayakaan dan mengembangkan kwalitas dan kemampuan sumber daya manusia agar mampu mengelola sumber daya alam serta keterampilan masyarakat sehingga dapat digunakan untuk kesejahteraan rakyat.

 

Misi Kecamatan Lumbanjulu

Misi disusun dalam rangka menginplementasikan langkah-langkah yang akan dilakukan dalam mewujudkan Visi. Misi merupakan penggambaran visi yang akan dicapai, misi disusun untuk memberikan kerangka tujuan dan sasaran serta arah kebijakan yang akan dicapai dan menentukan langkah yang harus ditempuh untuk mencapai Visi.

Misi disusun memperhatikan faktor-faktor lingkungan strategis, baik internal dan eksternal (kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yang dihadapi).

Adapun Misi Kecamatan Lumbanjulu adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kualitas pelayanan publik dan kinerja Pemerintah
  2. Meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat
  3. Meningkatkan dan memperdayakan kelompok maupun lembaga yang ada dimasyarakat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi maupun pembangunan serta kesejahteraan masyarakat.
  4. Meningkatkan kemampuan sumber daya manusia didalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan
  5. Meningkatkan kinerja pembangunan partisipasi masyarakat dalam membangun desa.

 

Untuk menempuh  guna tercapainya sasaran untuk mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan, maka terlebih dahulu akan dilakukan analisis lingkungan guna menilai faktor-faktor  yang akan mempengaruhi keberhasilan pencapaian tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan. Adapun faktor-faktor yang dimaksud adalah Analisi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang akan dihadapi dalam Renstra Kecamatan Tahun 2016-2021.