SEJARAH KECAMATAN LUMBANJULU

 

Kecamatan Lumbanjulu merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Daerah Tingkat II Tapanuli Utara ketika Kabupaten Toba Samosir masih belum dimekarkan. Pada tahun 1998, Kecamatan Lumbanjulu adalah salah satu kecamatan yang merintis pemekaran Kabupaten Toba Samosir.

Kecamatan Lumbanjulu memekarkan Kecamatan Ajibata melalui Peraturan Daerah Kabupaten Toba Samosir Nomor 7 Tahun 2002 dan Kecamatan Bonatua Lunasi pada tahun 2008 dengan Peraturan Daerah Nomor : 05 Tahun 2008 tentang Pembentukan Kecamatan Parmaksian dan Kecamatan Bonatua Lunasi Kabupaten Toba Samosir.

Bahasa daerah yang digunakan sehari-hari oleh masyarakat di Kecamatan Lumbanjulu adalah Bahasa Batak Toba.

Demikianlah sejarah singkat  Kecamatan Lumbanjulu Kabupaten Toba Samosir ini kami sampaikan, dan kami yakin bahwa dalam uraian kami sebelumnya banyak sejarah yang terjadi dalam perjalanan Kecamatan Lumbanjulu baik sebelum maupun sesudah pemekaran Kabupaten Toba Samosir yang belum tersampaikan dan tercatat dalam tulisan ini. Akan tetapi Pemerintah Kecamatan Lumbanjulu selalu menghargai peran serta setiap individu, kelompok dan lembaga yang memberikan daya dan upaya dalam pembentukan maupun mengisi perjalanan Kecamatan Lumbanjulu yang tentunya merupakan suatu kebanggan dan pengalaman yang tak terlupakan. Tiada keinginan untuk meniadakannya, semuanya akan menjadi amal bakti dan perjuangan bagi kehidupan generasi berikutnya.

Terimakasih,

Horas…Horas…Horas…

Sumber : Setdakab Toba Samosir