Kasi Tata Pemerintahan Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2019

 

 

LUMBANJULU – Kasi Tata Pemerintahan, Herta Simanjuntak menjadi Pembina Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Ia berharap Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tidak menjadi seremonial belaka. Pancasila sebagai dasar dan tujuan negara yang telah dicanangkan pendiri bangsa bersifat mutlak untuk dipertahankan.

“Peringatan Hari Kesaktian Pancasila,jangan menjadi upacara seremonial belaka. Dasar negara Pancasila harus tetap terjaga dan setiap warga negara punya kewajiban yang sama untuk menjaga dan mempertahankannya. Begitu pula dengan tujuan bernegara, yakni mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur,” kata Herta saat memimpin upacara di halaman Kantor Camat Lumbanjulu, Kecamatan Lumbanjulu, Toba Samosir, Selasa (1/10/2019).

Herta menghimbau ASN jangan tergiring oleh berbagai macam konflik. Sebab, konflik-konflik itu hanya akan membawa perpecahan bangsa. Untuk itu, dalam momen Hari Kesaktian Pancasila, ia mengajak kembali memaknai tujuan awal bernegara. Tujuan itu telah diatur dalam Pancasila, yang telah disepakati bersama menjadi dasar dan cita-cita menuju Indonesia yang maju dan sejahtera.

“Kita sebagai ASN diharapkan mampu menjadi motivasi untuk lebih mencintai Pancasila sebagai pemersatu bangsa dan dasar negara, hindari fitnah dan menghasut yang tujuannya dapat menimbulkan perpecahan di tengah- tengah bangsa ini, juga mampu menjadi motivasi untuk menjauhkan masyarakat dari sikap atau perbuatan memaksakan kehendak, menghasut dan memfitnah yang dapat menyebabkan perpecahan dan kesatuan bangsa Indonesia. Sebagai ASN kita juga harus menghargai perjuangan para pahlawan yang telah gugur dengan cara mengaktualisasikannya lewat mengerjakan tupoksi dengan penuh tanggung jawab.” ujar Herta.

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila berjalan lancar dengan cuaca yang cerah. Upacara Peringatan tersebut juga dihadiri Staf Kantor Camat Lumbanjulu beserta Sekretaris Desa, Kepala UPT Puskesmas Lumbanjulu dan Kepala UPT Puskesmas Aeknatolu Jaya beserta staf.

Leave a Reply

Your email address will not be published.